13 Tujuan Kampanye Iklan Facebook

Diposting pada

13 Tujuan Kampanye Iklan Facebook

Mengenal 13 Objective Iklan Facebook – Saat membuat sebuah kampanye iklan Facebook, sangat penting bagi Anda untuk memilih tujuan iklan Facebook yang paling tepat. Dengan menggunakan campaign yang tepat, komposisi Adset yang tertarget, dan variasi konten iklan yang menarik, akan mampu mencapai GOAL iklan Anda dengan cepat dan terukur datanya.

Karena Facebook akan mengoptimalkan kampanye Anda untuk tujuan itu. Mereka dapat mengetahui siapa di antara audiens target Anda yang kemungkinan besar akan mengambil tindakan yang Anda inginkan. Jika Anda memberi tahu Facebook bahwa Anda ingin penayangan video, mereka akan menempatkan iklan Anda di depan orang-orang yang paling mungkin menonton video Anda.

Beri tahu mereka bahwa Anda ingin prospek dan mereka juga akan melakukan hal yang sama. Memilih sasaran kampanye iklan adalah cara Anda ‘memberi tahu’ Facebook apa yang Anda inginkan. Sebelum membuat campaign sebaiknya Anda mengenal dan memahami fungsi dari 13 objective campaign facebook. Beragam nama & fungsi objective campaign terus berubah dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan Facebook

13 Facebook Ad Objective

Sebelum masuk ke dalam 13 objective campaign Facebook Ads, jika di lihat secara global penggunaannya maka Facebook membaginya ke dalam 3 tahapan beriklan, yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion.

Kesadaran

Facebook menyarankan Anda memulai beriklan di tahap ini, dengan asumsi bahwa para pengguna Facebook sama sekali belum tau siapa Anda, sehingga perlu woro – woro agar mereka familiar dengan brand / produk Anda.

Jika mereka sudah sering mendengar / aware tentang keberadaan brand Anda, di tahap berikutnya akan lebih mudah untuk membuat mereka tertarik dan mengajak mereka melakukan sebuah aksi ( like, comment, share, dan klik link menuju ke web ).

Pertimbangan

Jika Anda merasa target audience sudah cukup familiar dengan Anda, maka Anda bisa melanjutkan beriklan menggunakan campaign-campaign yang ada di tahap Consideration.

Di tahap ini iklan akan di optimasi kepada orang-orang yang mulai tertarik kepada penawaran Anda, dan melakukan sebuah aksi, yakni like, comment, share, dan klik link iklan yang menuju ke web.

Konversi

Ini tahap akhir dari proses beriklan, dengan cara mengoptimasi iklan Anda kepada orang-orang yang sudah tertarik untuk melakukan sebuah konversi ( download, pembelian, pendaftaran ) menggunakan optimasi kode pixel yang ditanam di dalam web.

13 Objective Facebook Ads secara rinci sebagai berikut:

Kesadaran

# 1 – Kesadaran Merek

2 – Jangkau

Pertimbangan

# 3 – Lalu Lintas

# 4 – Posting Pertunangan

# 5 – Halaman Suka

# 6 – Tanggapan Acara

# 7 – Pemasangan Aplikasi

# 8 – Tampilan Video

# 9 – Generasi Pimpinan

# 10 – Pesan

Konversi

# 11 – Konversi

# 12 – Penjualan Katalog

# 13 – Kunjungan Toko

Untuk lebih mengenal masing-masing objective iklan facebook, berikut penjelasan detailnya

Kesadaran

# 1 Kesadaran Merek

Tujuan kampanye Kesadaran Merek akan menempatkan iklan Anda di depan orang-orang yang kemungkinan besar akan mengingatnya. Facebook telah menghitung bahwa semakin lama orang menghabiskan waktu dengan sebuah iklan, semakin besar kemungkinan mereka akan mengingatnya.

Penggunaan: Sasaran kampanye ini luar biasa untuk tetap mengingat prospek Anda. Saya sering merekomendasikan bahwa bisnis mendedikasikan sekitar 10% dari anggaran iklan mereka untuk kampanye kesadaran merek yang mempromosikan konten berkualitas tinggi.

# 2 Jangkauan

Tujuan jangkauan memaksimalkan jumlah orang yang melihat iklan Anda dan seberapa sering mereka melihatnya. Kampanye dengan tujuan Jangkauan ini dirancang untuk membuat iklan Anda menjangkau sebanyak mungkin orang, sesuai anggaran iklan Anda.

Anda dapat memilih tujuan ini untuk membangun brand awareness, mengubah persepsi merek, atau menampilkan iklan Anda ke sebanyak mungkin orang dalam pemirsa Anda. Dengan tujuan ini, Anda dapat memilih memaksimalkan jangkauan atau impresi untuk keseluruhan jangka waktu kampanye Anda. Anda dapat mengatur kontrol frekuensi tingkat keseringan orang-orang melihat iklan Anda dan rentang hari minimal antara waktu mereka melihatnya.

Misalnya, anggap Anda ingin iklan menjangkau pemirsa target dalam jumlah besar untuk membantu meningkatkan penjualan. Anda juga dapat mengatur jangkauan melalui penargetan lokasi untuk menjangkau orang-orang dalam radius tertentu dari lokasi bisnis Anda. Anda dapat memilih tujuan jangkauan untuk menayangkan iklan ke sebagian besar pemirsa Anda. Jika ingin membuat orang lebih memahami merek atau produk baru, Anda dapat menetapkan kontrol frekuensi agar orang melihat iklan Anda lebih sering.

Penggunaan: Ketika Anda memilih sebagian besar tujuan kampanye, Facebook akan menampilkan iklan Anda kepada orang yang sama beberapa kali. Dengan tujuan kampanye jangkauan, Anda dapat menghindarinya dan mendapatkan sebanyak mungkin bola mata berbeda tentang barang-barang Anda.

Pertimbangan

# 3 Lalu Lintas Kunjungan

Berapa biaya iklan Facebook dan berapa biayanya per klik? Ini adalah pertanyaan yang sering kali ditanyakan, namun sangat sulit dijawab karena ada begitu banyak variabel tetapi tujuan kampanye ini akan membantu Anda mencapai biaya per klik serendah mungkin.

Penggunaan: Tujuan lalu lintas akan memberi Anda sebanyak mungkin klik tautan, jadi sangat bagus untuk mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda. Saya biasanya menggunakan tujuan kampanye ini ketika mempromosikan posting blog. Jika Anda ingin menghasilkan penjualan melalui situs web Anda, lebih baik Anda menggunakan tujuan konversi. Namun jika konversi masih rendah, misalnya di konversi di bawah 50 per minggu maka bisa menggunakan tujuan lalu lintas ini

# 4 Interaksi

Tujuan kampanye interaksi dirancang guna menarik lebih banyak orang untuk melihat dan berinteraksi dengan kiriman atau Halaman Facebook Anda. Sangat tepat jika Anda gunakan untuk menghasilkan lebih banyak suka, komentar, dan berbagi.

Jika Anda memilih tujuan iklan interaksi, Anda dapat membuat iklan yang:

  1. Mempromosikan kiriman Anda → (Interaksi Kiriman)
  2. Mempromosikan Halaman Anda → (Suka Halaman)
  3. Mengajak orang untuk mengklaim promo di Halaman Anda (Klaim Promo)
  4. Meningkatkan kehadiran di acara Halaman Anda (Tanggapan Acara)

Platform yang mendukung tujuan interaksi ini Facebook, Instagram, dan Audience Network. Anda dapat membuat format iklan untuk tujuan interaksi dalam bentuk Foto, Video, Karosel dan Tayangan slide

Penggunaani: Suka, komentar dan bagikan memberikan bukti sosial iklan, yang secara signifikan dapat meningkatkan hasil. Target audiens Anda akan lebih memperhatikan iklan dengan beberapa ratus komentar dan berbagi daripada yang minim interaksi baik like, komentar maupun berbagi. Ini sangat penting jika Anda menawarkan produk atau layanan bernilai tinggi.

# 5 Suka Halaman

Sesuai namanya, Anda bisa mempromosikan Fanpage Anda agar mendapatkan lebih banyak like dengan menggunakan campaign jenis ini. Facebook akan membantu Anda mencari jenis orang-orang yang gemar like sebuah Fanpage yang sejenis dengan Fanpage Anda.

Penggunaan: Anda dapat menggunakan campiagn ini jika ingin mendapatkan banyak like Fanspage. Namun yang perlu disadari juga, sebagian besar orang yang menyukai halaman Anda mungkin tidak akan melihat posting organik Anda. Facebook sekarang memiliki terlalu banyak pengiklan untuk menempatkan posting Anda di depan orang secara gratis.

# 6 Tanggapan Acara

Tujuan kampanye Tanggapan Acara adalah mengarahkan orang ke acara yang Anda buat di Facebook. Di dalam Facebook Anda bisa membuat sebuah acara, dan mengundang orang-orang untuk mengikuti acara tersebut. Nah dengan objective Tanggapan Acara Anda bisa menyebarkan acara yang sudah dibuat lebih luas lagi agar bisa diikuti oleh banyak orang.

Penggunaan: Sudah jarang iklan Facebook dengan objective ini, namun jika Anda memiliki sebuah acara iklan dengan tujuan ini bisa dicoba

# 7 Pemasangan Aplikasi

Tujuan dari iklan ini adalah mengarahkan orang-orang agar klik iklan yang menuju link tempat Aplikasi Anda berada, dan melakukan instalasi. Iklan jenis objective ini biasanya dipakai oleh para developer mobile apps yang memiliki App di Playstore / Apple store.

Penggunaan: Ini adalah satu penjelasan sendiri. Gunakan sasaran kampanye ini jika Anda ingin menghasilkan sebanyak mungkin pemasangan aplikasi sesuai anggaran iklan Anda. Menjalankan kampanye pemasangan aplikasi selama beberapa hari pertama setelah diluncurkan benar-benar dapat membantu meningkatkan aplikasi Anda.

# 8 Penayangan Video

Semakin ke sini semakin terlihat polanya bahwa visualisasi video lebih banyak menyita perhatian orang dibanding gambar biasa. Dengan video Anda bisa bebas berekspresi, dan pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah diterima.

Dengan menggunakan objective Penayangan Video maka Facebook akan membawa iklan Anda kepada orang-orang yang suka menonton video. Tingkat engagement / interaksinya pun terbukti cukup tinggi, bahkan sering kali lebih tinggi dibanding objective Interaksi.

Penggunaan: Anda dapat menggunakan tujuan kampanye untuk berbagai macam konten video. Sebaiknya buat konten video semenarik mungkin. Untuk tipsnya bisa baca disini.

# 9 Pembuatan Prospek

Iklan Pembuatan Prospek dirancang untuk mengumpulkan informasi prospek seperti nama, alamat email, nomor telepon, dll. Informasi yang terkumpul dari prospek Anda dapat tindaklanjuti pada tahap berikutnya. Iklan ini sedikit lebih rumit daripada jenis iklan lainnya. Ketika diklik, prospek Anda akan disajikan dengan formulir kontak di dalam Facebook.

Salah satu informasi yang dikumpulkan adalah email. Email ini merupakan salah satu database digital marketing tertua, yang sudah ada sejak dulu. Namun hebatnya, semakin canggih jaman, bukannya hilang dari peredaran, email marketing justru semakin menggurita dengan tingkat konversi tertinggi. Bahkan lebih tinggi dari media sosial. Mengapa demikian ? Semakin kesini, hampir semua platform online yang membutuhkan pendaftaran pasti menggunakan email. Hampir semuanya. Otomatis setiap orang pasti memiliki email pribadi yang terintegrasi di smartphone mereka, yang pasti selalu mereka buka.

Selain itu, proses email marketing terasa lebih personal bagi user, karena pesan yang masuk langsung ke email pribadi mereka, dan Anda bisa melakukan percakapan tanpa harus diihat orang lain. Itu sebabnya materi konten email marketing terbaik adalah story telling, dan juga soft selling. Hadirnya objective Pembuatan Prospek ini mampu mengoptimasi pelaku bisnis untuk memperkaya pundi-pundi database mereka, untuk kemudian di prospek secara berkala.

Penggunaan: Iklan Pembuatan Prospek ini bagus untuk bisnis berbasis layanan. Jika sudah mendapatkan prospek segera tindaklanjuti, jika tidak mereka mungkin lupa mereka mengirimi Anda detailnya.

# 10 Pesan

Sasaran kampanye Pesan dirancang untuk memulai percakapan antara Anda dan prospek Anda melalui Facebook Messenger. Karena sifatnya yang personal layaknya email marketing, maka layanan messenger ini juga memiliki tingkat respon dan open rate yang cukup tinggi.

Penggunaan: Saat ini ada dua cara berbeda untuk menggunakan tujuan ini. Yang pertama menggunakan Messenger sebagai penempatan iklan. Yang kedua memulai percakapan melalui Facebook Messenger ketika prospek Anda mengklik iklan Anda

Konversi

# 11 Konversi

Ada banyak pengiklan Facebook yang seharusnya menggunakan tujuan konversi tetapi tidak. Konversi adalah kolektif yang menjelaskan beberapa opsi: Prospek, Tambah ke Troli, Lihat Konten, Pembelian, dll. Apa konversi bagi Anda, tergantung pada bisnis Anda, tetapi kebanyakan orang menginginkan arahan dan penjualan (pembelian).

Penggunaan: Untuk menggunakan tujuan kampanye konversi, Anda harus memasang Facebook Pixel di situs web Anda. Dan Anda juga perlu menginstal kode acara yang relevan (prospek, pembelian, dll.).

Rintangan untuk masuk ini membuat banyak orang tidak senang, tetapi itu layak dilakukan. Jika Anda menjalankan kampanye yang dirancang untuk secara langsung menghasilkan arahan dan penjualan, ini adalah tujuan kampanye yang harus Anda gunakan.

Catatan: Facebook hanya dapat mengoptimalkan dengan benar untuk tujuan konversi jika Anda menghasilkan setidaknya 50 konversi per minggu. Jika Anda tidak menghasilkan sebanyak itu, Anda harus menggunakan tujuan lain, seperti lalu lintas.

# 12 Penjualan Katalog

Katalog berisi informasi untuk semua produk yang ingin Anda iklankan di Facebook. Tujuan ini terutama dirancang untuk membantu Anda menayangkan iklan bertarget secara dinamis kepada orang-orang yang telah menunjukkan minat pada produk Anda. Dengan kata lain, jika seseorang telah melihat produk spesifik Anda tanpa membeli, Anda dapat menargetkan ulang mereka dan mengiklankan produk tertentu kepada mereka di Facebook.

Penggunaan: Anda dapat menghubungkan Katalog yang ada dengan platform lain. Ini akan membuat mengiklankan produk Anda di Facebook jauh lebih mudah.

# 13 Kunjungan Toko

Tujuan kampanye Kunjungan Toko dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara pemasaran online dan offline. Facebook telah mengakui bahwa banyak penjualan di toko dimulai dengan interaksi online dan ini adalah jawaban mereka.

Penggunaan: Jika Anda ingin mengarahkan orang ke toko Anda, maka ini adalah tujuan kampanye untuk digunakan. Tujuan ini sangat berguna jika Anda memiliki beberapa lokasi karena Anda dapat beriklan secara dinamis sehingga kampanye relevan secara lokal untuk setiap toko.

Dengan memahami berbagai fungsi facebook ad objective diatas, Anda bisa memaksimalkan kinerja iklan agar mencapai tujuan yang sesuai, dan tentunya agar Anda bisa lebih mudah memahami masalah iklan yang terjadi saat iklan sedang berjalan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *