Review Harga Dan Spesifikasi Lengkap Nokia 4.2

Diposting pada
Foto : theverge.com

Review Harga Dan Spesifikasi Nokia 4.2 – Penasaran dengan Nokia 4.2? Yuk simak review dan spesifikasi Nokia 4.2 berikut. Kalau dilihat dari sejarahnya, Nokia tidak pernah memakai angka 4 untuk penamaan seri feature phone-nya. Jadi saat Nokia masih berjaya, feature phone dari angka 1 sampai 9 ada, kecuali angka 4. Nah, sekarang di bawah naungan HMD Global, Nokia memakai angka 4 untuk penamaan seri smartphone-nya. Nokia 4.2 ini juga merupakan ponsel khusus dengan Tombol Google Assistant pertama di Indonesia

Review Nokia 4.2

Nokia 4.2 ini mempunyai desain compact banget, hal ini tentunya tidak lepas dari ukuran layar yang lebih mungil dari smartphone kebanyakan. Ukuran layar Nokia 4.2 ini yaitu 5.7″ dibungkus oleh rasio layar 19:9. Ukuran layarnya sebenarnya besar, hanya saja dengan rasio layar 19:9 ini membuat bodinya tetap terasa compact dan serasa memegang smartphone dengan ukuran layar 5″.

Dengan harga yang sama 2 jutaan, mungkin Anda bisa mendapatkan smartphone yang mempunyai spesifikasi di atas Nokia 4.2. Namun urusan build quality, smartphone Nokia ini ada di level yang berbeda. Hal yang menarik ada di body, Nokia 4.2 ini tombol powernya memiliki aksen warna berbeda dibandingkan tombol fisik lainnya. Ternyata, tombol power ini bisa menyala. Jadi, selain fungsinya untuk menyalakan perangkat, tombol power ini juga memiliki fungsi sebagai LED Notifikasi. Jadi, kalau ada notifikasi masuk, tombol power ini juga akan berkedip-kedip layaknya LED notifikasi seperti yang ada di smartphone yang biasanya ada di atas atau ada di bawah. Selain tombol power, Nokia 4.2 juga mempunyai tombol Google Assistant Dedicated yang berada di sisi kiri. Tombol ini berfungsi untuk memanggil Google Assistant secara instant..

Layar Nokia 4.2

Untuk resolusi, Nokia 4.2 ini dibekali resolusi layar 720p atau HD+ karena rasionya sudah fullscreen. Nah, salah satu nilai jual utama smartphone Nokia yang sudah memakai Android yaitu di Android One-nya. Apa itu Android One?. Jadi, itu adalah sistem operasi Android yang sudah disiapkan oleh Google untuk beberapa brand smartphone dan mendapat jaminan update software selama 2 tahun ke depan. Nokia 4.2 ini sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie, yang masih bisa dibilang cukup kekinian ya untuk sekarang, meskipun tahun ini juga sudah menyiapkan versi yang lebih baru lagi yaitu Android Q.

Nah, untuk tampilan atau user interface, Nokia 4.2 ini memakai tampilan Android Stock yang bagi sebagian orang terasa membosankan terutama untuk Anda yang terbiasa memakai MIUI-nya Xiaomi atau ONEUI-nya Samsung. Untuk fitur-fiturnya sendiri, khas bawaan Android Pie seperti Adaptive Brightness dan juga Adaptive Battery yang fungsinya untuk manajemen daya yang lebih baik. Kemudian ada Ambient Display yang fungsinya untuk menampilkan kalau ada notifikasi masuk, dan untuk sensor biometriknya juga lumayan lengkap di Nokia 4.2 ini.

Konektifitas Near Field Communication

Ada fingerprint scanner dan juga ada face unlock. Nokia 4.2 juga mempunyai konektifitas NFC atau Near Field Communication. Kalau memakai smartphone yang ada NFC-nya membuat jadi lebih praktis, terutama untuk Anda yang sering memakai kartu elektronik atau e-money. Dengan adanya smartphone dilengkapi NFC ini, Anda bisa melihat sisa saldo kartu elektronik. Bahkan, Anda juga bisa top up saldo kartu elektronik. Cuman, untuk top up ini ada beberapa pra-syarat karena hanya bisa dilakukan di beberapa e-commerce yang memang mendukung pengisian kartu elektronik tersebut. Ya, fitur NFC bisa dibilang salah satu nilai jual utama dari smartphone Nokia 4.2 ini. Karena di range harga smartphone Rp 2 jutaan itu sangat jarang menemukan smartphone yang punya konektifitas NFC. Bahkan untuk seri Nokia 5.1 Plus dan 6.1 Plus yang dibanderol lebih mahal dari Nokia 4.2 tidak punya konektifitas NFC.

Nokia 4.2 ini diotaki dengan dapur pacu Qualcomm Snapdragon seri 439. Bagaimana performa Nokia 4.2 untuk sehari-hari?. Nokia 4.2 ini kalau untuk kebutuhan-kebutuhan dasar seperti mengakses sosial media, atau main game-game ringan sudah bisa dieksekusi dengan sangat lancar di smartphone ini. RAM 3GB yang sudah cukup asyik untuk multitasking. Untuk Storage-nya, Nokia 4.2 ini dibekali Internal Storage 32GB yang masih bisa ditambah microSD karena slot SIM-nya sudah triple-slot SIM. Jadi, bisa Anda pasang 2 nano-SIM plus 1 microSD.

Kamera Nokia 4.2

Nokia 4.2 ini dibekali dual-camera belakang resolusinya masing-masing 13MP+2MP sebagai depth sensor. Hardware-nya biasa saja karena ukuran sensornya 1.12 micron bukaan lensanya juga di f/2.2. Di Nokia 4.2 ini image processing-nya jauh lebih baik meskipun secara hal kamera biasa-biasa saja. Kamera smartphone ini sudah mendukung format foto RAW atau DNG. Ini sangat berguna untuk Anda yang sering otak-atik foto atau meng-edit foto di Lightroom misalnya. Jadi, bisa dibilang, format foto RAW ini ‘kan format foto mentah, tapi format foto seperti ini jauh lebih asyik atau seru untuk di edit karena masih natural, jadi tinggal diberi warna atau di color branding, akan membuat hasilnya makin maksimal. Untuk kamera selfie-nya, Nokia 4.2 ini dibekali kamera dengan resolusi 8MP udah support Live Bokeh juga dan mode Pro juga. Untuk kamera video-nya support di resolusi Full HD di 30fps. Tidak bisa 4K karena memang secara chipset mentok di Full HD.

Nah, untuk menunjang berbagai fitur terbaiknya tadi. Nokia 4.2 dibekali baterai dengan kapasitas 3000 mAh. Bisa dibilang ini baterai yang cukup minimalis untuk ukuran smartphone keluaran sekarang. Ya, jadi Nokia 4.2 ini dibekali charger dengan output 5V/2A atau 10 Watt. Tidak mendukung fast charging.

Harga dan Spesifikasi Nokia 4.2

NETWORKTechnologyGSM / HSPA / LTE
LAUNCHAnnounced2019, February
StatusAvailable. Released 2019, May
BODYDimensions149 x 71.3 x 8.4 mm (5.87 x 2.81 x 0.33 in)
Weight161 g (5.68 oz)
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAYTypeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size5.71 inches, 81.4 cm2 (~76.6% screen-to-body ratio)
Resolution720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~295 ppi density)
Always-on display
PLATFORMOSAndroid 9.0 (Pie); Android One
ChipsetQualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
CPUQuad-core 2.0 GHz Cortex-A53Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53)
GPUPowerVR GE8320Adreno 505
MEMORYCard slotmicroSD, up to 400 GB
Internal32 GB, 3 RAM or 16 GB, 2 GB RAM
MAIN CAMERADual13 MP, f/2.2, 1/3", 1.12µm, PDAF
2 MP, depth sensor
FeaturesLED flash
Video1080p@30fps
SELFIE CAMERASingle8 MP, f/2.0, 1/4", 1.12µm
Video
SOUNDLoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Active noise cancellation with dedicated mic
COMMSWLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE, aptX
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
RadioFM radio
NFCYes (market dependent)
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
FEATURESSensorsFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
BATTERYNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery
MISCColorsBlack, Pink Sand
ModelsTA-1184, TA-1133, TA-1149, TA-1150, TA-1157
Harga2,5 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *